Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Jumat, 09 Januari 2015

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 9 Januari 2015/1 Oktober 2014 (Baca Tulis dan Hitung)

Kang Maman Baca Tulis dan Hitung

4x6 atau 6x4?

Matematika tak sekadar bicara soal kebenaran. Bahkan, yang ada hanyalah kesahihan. Jika penalarannya sahih, semestinya kita bisa terima. Lagi pula, matematika bukan sekadar berhitung dan kegiatan angka-angka; di dalamnya ada perihal observasi, identifikasi, pengenalan pola, sampai ke bentuk-bentuk geometri.

Dan, kata kuncinya kata Pak Jarwo tadi, “Belajar itu semestinya fun (menyenangkan), bukan malah membuat anak tertekan, apalagi terancam.”

Selain itu, ada persoalan yang tidak kalah mendesaknya. Kemampuan calistung [membaca, menulis, dan berhitung] penting karena berkaitan langsung dengan bagaimana seseorang mendapatkan pengetahuan, menggali potensinya, dan berpartisipasi penuh dalam masyarakat yang lebih luas.

Nah, PR terbesar: Angka buta huruf di negeri ini masih 4,2% dari jumlah penduduk. Jadi, masih lebih dari 10 juta.

Jadi, kepada wakil rakyat yang hari ini dilantik, dan juga kepada presiden dan Wapres baru yang sebentar lagi akan dilantik, kami titipkan ini kepadamu, buktikan bahwa Anda semua mampu menjalankan amanah yang diberikan, yang di antaranya: “Mencerdaskan kehidupan bangsa,” dengan cara menurunkan tingkat buta aksara.

Jangan khianati amanat ini, apalagi amanat ini jelas tercantum dalam preambul Undang-Undang Dasar 1945. (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter