Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Sabtu, 18 Maret 2017

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 18 Maret 2017 (Investasi Bodong)

Kang Maman – Investasi Bodong

OJK mencatat, sedikitnya ada 406 perusahaan, yang diduga menawarkan investasi bodong, dengan iming-iming keuntungan atau bunga yang tak masuk akal. Bunga yang tak masuk akal itu mulai dari 5% per bulan atau 60% setahun. Dan, ucap Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (OJK) di akhir 2016, dari data kasus investasi bodong, sedikitnya kerugian yang timbul mencapai 45 triliun.

Kasus-kasus itu terjadi karena masyarakat mudah tergiur untuk mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Lupa: besarnya iming-iming sebangun dengan tingginya risiko.

Jadi, semua yang berlebihan mudah menggiurkan, semua yang menggiurkan mudah menyilaukan. Saking silaunya, huruf ‘b’ tak terlihat. Terbaca untung, padahal buntung. [segmen 2]

***

Sekali lagi, jangan mudah goyang dan goyah oleh selangit janji manis. Semua yang berlebihan mudah menggoyangkan, gampang menggelincirkan.

Dan untuk para penipu di kasus investasi bodong, ada satu pepatah Bugis yang seperti ini:
Berlaku jujur dan pelihara tutur kata, itu yang terbaik. Sebab kejujuran dan tutur kata akan memanjangkan usia. Takkan mati kejujuran, takkan runtuh yang datar, takkan putus yang kendur, takkan patah yang lentur.”

Tetapi, akan goyang dan hancur lebur, siapa pun yang tak jujur. (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter