Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Minggu, 24 Juli 2016

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 24 Juli 2016 (Hewanku Sayang Hewanku Malang)

Kang Maman Hewanku Sayang Hewanku Malang

Bahkan pencinta binatang pun wajib memahami animal welfare seperti diucapkan Jo dari Garda Satwa, dan five of freedom diucapkan Cak Lontong, sebagai keharusan dasar memperlakukan hewan. 

Animal welfare atau kesejahteraan hewan adalah upaya yang timbul dari kepedulian manusia untuk memberikan lingkungan yang sesuai untuk binatang agar dapat meningkatkan kualitas hidup hewan peliharaan, khususnya yang terikat dan terkurung. Bahkan untuk semua jenis binatang, termasuk yang hidup di alam liar.

Dalam animal welfare dikenal lima kebebasan yang harus dimiliki hewan peliharaan untuk dapat hidup layak dan normal. [1] Bebas dari lapar dan haus, [2] bebas dari panas dan rasa tidak nyaman secara fisik, [3] bebas dari luka penyakit dan sakit, [4] bebas mengekspresikan perilaku normal dan alami yang dilakukan dengan penyediaan ruang dan kandang yang memadai dan fasilitas yang sesuai dengan perilaku alami hewan (termasuk mencarikannya pasangan), dan terakhir [5] bebas dari rasa takut dan penderitaan, termasuk stres—seperti konflik dengan spesies lain atau gangguan predator.

Betul kata Gandhi dilansir Ronal tadi, kebesaran sebuah bangsa dan moral bangsa itu bisa dilihat dari caranya memperlakukan hewan, tak cuma memperlakukan manusia. Karena tadi sudah dicontohkan oleh Tya, hewan pun tak ubahnya manusia, bahkan mungkin lebih manusiawi dari sebagian manusia itu sendiri.

Sebagai contoh tambahan, seorang prajurit marinir bernama Jon Tumilson tewas setelah menjalankan tugasnya. Saat penghormatan terakhir sedang dilakukan, anjing peliharaannya terduduk lemas berada di samping peti mati tuannya, seperti memperlihatkan dukanya yang dalam.

Dan beberapa tahun yang lalu, ketika Australia mengalami bencana kebakaran hutan yang luar biasa, terdapat pemandangan yang terekam kamera: seekor koala berjalan teramat lemas; ia ditemukan seorang anggota pemadam kebakaran yang kemudian memberikannya sebotol air minum. Tahukah apa yang dilakukan koala setelah melepas dahaganya? Ia memeluk erat pria tersebut, sebagai wujud rasa terima kasihnya dan tak hendak melepaskannya.

Meskipun binatang tidak dianugerahi kemampuan berpikir seperti manusia, tetapi kisah-kisah tadi telah membuktikan bahwa binatang juga mampu berteman baik dengan manusia.

Lebih dari itu, jika manusia merasa diri makhluk paling sempurna dan mulia, sesekali belajarlah dari hewan. Hewan saja tahu arti cinta, kesetiaan, melindungi dengan tulus, dan tahu berbalas budi. Mengapa sifat-sifat mulia ini kerap kalian lupakan sebagai manusia? Atau, kini, manusia lebih jalang dan lebih binatang dari binatang itu sendiri? (Maman Suherman)
Share:

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter