Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Senin, 06 Juni 2016

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 6 Juni 2016 (Ramadhan Datang Hati pun Riang)

Kang Maman Ramadan Datang Hati pun Riang

Puasa itu menahan; menghimpun sabar dalam melaksanakan ketaatan, sabar dalam menahan diri dari terjerumus kemaksiatan, dan sabar menghadapi garis hidup yang terasa menyakitkan. Puasa adalah perisai (penghalang) dari perbuatan sia-sia dan pelindung dari siksa neraka. Karenanya umat Islam begitu merindukan kehadirannya.

Dan insya Allah, dengan puasa dan amalan-amalan Ramadan, kita dapat menghapus 6 perkara yang dapat menghilangkan amal baik kita, yaitu: [1] Sibuk dengan aib orang lain sehingga lupa pada aib sendiri. [2] Hati yang keras, yang terkadang lebih keras dari batu karang (sulit menerima nasihat). [3] Hubbun dunya (cinta terhadap dunia), segala aktivitas hanya tertuju pada kenikmatan dunia, lupa hari esok di akhirat. [4] Sedikit rasa malu. Jika seseorang telah kehilangan rasa malu maka akan melakukan apa saja tanpa [takut] dosa. Yang kelima, panjang angan-angan, merasa hidupnya masih lama di dunia sehingga enggan bertobat. Dan [6] kezaliman yang tak pernah berhenti, kecanduan berbuat maksiat (sulit meninggalkan kemaksiatan).

Insya Allah, samudra untuk membersihkan diri dari 6 perkara itu adalah berpuasa dan amalan-amalan di dalam Ramadan. Bulan yang di dalamnya ada malam yang lebih baik dari 100 bulan (lebih baik dari 83 tahun), sebuah usia yang belum tentu kita capai. Di malamnya ada hari di mana Al-Qur’an diturunkan, yang menjadi pegangan kita untuk melangkah dari kegelapan menuju cahaya—minadzhulumati ilan-nur.

Jadi, sambut Ramadan sepenuh cinta, karena sungguh celaka diri ini jika selepas Ramadan tak ada yang berubah dari diri kita.

Dan ingat, ada satu doa yang paling bagus dibaca pada lailatul qadar, yang Nabi ajarkan kepada Aisyah radhiyallau ‘anha. Dan mari kita hafalkan dari sekarang:

Allahumma innaka ‘afuwwun karim, tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni; Ya Allah, Engkau yang Maha Pengampun lagi Maha Pemurah, Engkau senang mengampuni hamba-hambaMu, karena itu ampunilah dosa-dosaku.”

Selamat datang, bulan yang siang harinya mulia.
Selamat datang, bulan yang malamnya pun mulia;
di mana napas dan tidur kita pun mendapat pahala,
dosa pun diampuni, doa pun diterima.
Marhaban, ya Ramadan. (Maman Suherman)
Share:

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter