Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Senin, 27 Juni 2016

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 27 Juni 2016 (Bokis untuk Eksis)

Kang Maman Bokis untuk Eksis

Manipulasi data dan dramatisasi fakta palsu di media sosial, tak cuma terjadi di Indonesia. Sebuah survei di beberapa negara Eropa, mulai dari Inggris, Spanyol, Perancis, sampai Italia, kepada responden berusia 16 sampai 54 tahun menemukan fakta: Setengah dari populasi masyarakat Inggris kerap bergonta-ganti profile picture di medsos. Alasannya, ingin tetap update. Sebagian dari mereka ingin memperlihatkan foto profile mereka yang diambi di tempat-tempat mewah. Kenyataannya, mereka jujur mengakui tidak mengambil foto tersebut di tempat mewah. Selain itu, sekitar 75 persen orang Inggris mengakui bahwa mereka memang menilai teman-temannya berdasarkan postingan yang mereka unggah di Facebook, Instagram, atau Snapchat.

Dari sekitar 1.000 responden orang Inggris, 52 persen dari mereka membeberkan bahwa postingan yang mereka unggah di medsos (baik makanan, barang, dan tempat mewah) merupakan gambar yang mereka ambil dari internet untuk satu tujuan: membuat teman dan keluarga iri.

Senada dengan Bertha Sekunda tadi, psikolog Jo Hemmings melihat fenomena ini, mengatakan hal tersebut bisa terjadi atas dasar tendensi penggunanya yang dikendalikan oleh rasa gengsi yang berlebihan. Karena tak mampu, mereka hanya membayangkan saja mengenakan barang-barang mewah, atau makan di tempat mewah. Akibatnya, mereka terpaksa memalsukan kondisi mereka dengan mengambil foto-foto yang beredar di medsos.

Kami malam ini mengambil kesimpulan:
Daripada bikin sensasi dengan mendramatisasi fakta palsu yang jelas-jelas tak pasti dan basi, lebih baik berprestasi demi eksistensi diri yang pasti. Dusta cuma jadi pembawa nestapa dan nista. “Jujur,” kata Kang Denny, “akan menjadi pembawa mujur di dunia dan di akhirat.”

Jadi, lebih baik jadi orang biasa di dunia nyata yang realistis, daripada jadi pusat perhatian massa namun bergelimang dusta di dunia maya yang bokis.

Sensasi basi, prestasi pasti! (Maman Suherman)
Share:

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter