Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Selasa, 21 Juni 2016

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 21 Juni 2016 (Kejahatan di Bulan Ramadhan)

Kang Maman Kejahatan di Bulan Ramadan

Menjelang dan selama Ramadan, modus kejahatan yang kerap muncul menurut data kepolisian antara lain: pencurian kendaraan bermotor, pencurian rumah yang kosong ditinggal penghuni, hipnotis, dan penjambretan. Yang karenanya, aparat kerap mengingatkan, jangan menggunakan perhiasan dan bawa uang dalam jumlah besar saat berada di keramaian pasar, misalnya. Juga makin tingginya peredaran uang palsu.

Pertanyaan yang kemudian muncul, dalam hadis diriwayatkan, “Apabila Ramadan tiba, pintu-pintu rahmat (pintu-pintu surga dibuka), pintu jahanam (pintu neraka ditutup), dan setan dibelenggu.” Setan dibelenggu tapi mengapa kriminalitas masih terjadi? Ada yang tadi menyentil, “Setan dibelenggu saja masih berbuat jahat, bagaimana kalau tidak?”

Ini dikarenakan setan dibelenggu namun hawa nafsu tetap dipicu dan dipacu. Ada yang semata menahan lapar dan dahaga tapi nafsu tak juga dibelenggu, bahkan nafsu belanja semakin melangit—yang dalam bahasa Cak Lontong dan Ronal tadi, terbukti di bulan Ramadan, perputaran uang malah makin meningkat, yang berpotensi memicu naiknya kualitas dan kuantitas kejahatan.

Selama bulan suci tetap diisi dengan memanjakan hawa nafsu dan kerakusan, selama itu kejahatan tetap tak bisa diturunkan. Bahkan sebaliknya, meski setan telah dibelenggu, kejahatan tetap meningkat tajam.

Kesimpulannya:
Ramadan adalah bulan penuh ampunan, penuh rahmat, dan bulan di mana dosa-dosa dihapuskan. Sambut dengan segenap syukur, isi dengan ibadah dan sebanyak mungkin kebajikan, bukan diisi dengan setumpuk jajanan dan segudang belanjaan.

Daripada jadi gila belanja, lebih mulia lebih peduli pada sesama. Daripada sibuk perbarui pakaian dan perhiasan yang bisa memicu keirian dan kejahatan, lebih baik berjuang bersihkan hati agar kembali suci laksana bayi. (Maman Suherman)
Share:

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter