Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Senin, 09 Mei 2016

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 9 Mei 2016 (Dongeng di Negeri Dongeng)

Kang Maman Dongeng di Negeri Dongeng

Walau sederhana, anak-anak biasanya sangat serius mendengarkan dongeng jika cerita dan penyampaiannya menarik. Karenanya, jika ingin memberi efek positif bagi perkembangan mental anak, sebelum dibacakan sebaiknya baca terlebih dahulu agar bisa mengetahui apakah dongeng itu layak dibacakan kepada anak atau tidak.

Ada beberapa manfaat dongeng yang tersimpulkan dalam pembicaraan tadi. Pertama, mengajarkan nilai moral yang baik kepada anak. Dengan memilih dongeng yang isi ceritanya bagus—seperti diungkap Kang Denny dan Pak Jarwo—akan tertanam nilai-nilai moral yang baik, asal setelah mendongeng beri penjelasan pada anak, mana yang baik dan patut ditiru dan mana yang tidak.

Jika itu dilakukan, mendongeng terbukti menurut penelitian bisa memiliki efek yang lebih baik daripada mengatur anak dengan cara kekerasan—memukul, mencubit, menjewer, atau membentak, misalnya. Kedua, mampu mengembangkan daya imajinasi anak. Ketiga, menambah wawasan anak. Keempat, meningkatkan kreativitas anak. Yang kelima, dongeng bahkan bisa menghilangkan ketegangan. Jika anak sudah hobi mendengarkan cerita dongeng maka anak-anak akan merasa senang dan bahagia jika mendengarnya. Perasaan senang diseling canda tawa membuat rasa tegang, mood yang buruk, akan hilang dengan sendirinya.

Terakhir, tadi disinggung oleh Kak Awam dan yang tak kalah pentingnya, mendongeng mendekatkan anak dengan orang tuanya. Terjadi interaksi tanya jawab antara anak dengan orang tua yang secara tidak langsung akan mempererat tali kasih sayang dan mendekatkan hubungan emosional.

Karenanya, Bapak dan Ibu, daripada sibuk sendiri dengan gadget-mu yang tak bisa tersenyum dan memelukmu dengan hangat, lebih baik gunakan waktumu untuk mendongeng pada buah hatimu karena akan kau dapatkan bonus keajaiban yang tak akan kau lupakan sepanjang masa: ekspresi keingintahuan, rona ketertakjuban, denyut jantung yang mendebur jantungmu saat kamu mendongeng dan memeluk anakmu, dan pesona cinta dalam sinar mata buah hatimu yang teramat polos dan jujur.

Jadi, seperti kata Ronal:
Mendongenglah pada buah hatimu, tabur benih kebaikan sedari dini, kelak akan kau tuai kebaikan dan kebahagiaan yang diberikan anak-anakmu di masa tuamu. (Maman Suherman)
Share:

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter