Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Rabu, 09 Maret 2016

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 8 Maret 2016 (Yang Manakah Anda?)

Kang Maman Yang Manakah Anda?

Hebat nih teman-teman, membicarakan dengan santai tentang perilaku dan kebiasaan manusia yang sebenarnya sangat ilmiah. Dibawakan dengan gayeng, sangat simpel, dan dengan contoh yang nyata.

Seperti kita ketahui, dalam psikologi dikatakan, perilaku manusia itu dipengaruhi paling sedikit oleh empat hal; faktor biologis, faktor sosiopsikologis—yang memiliki tiga komponen (afektif, kognitif, dan konatif), faktor spiritual, dan yang terakhir faktor situasional.

Karena pengaruh empat hal itulah manusia pun mendapat banyak sebutan—dan silakan teman-teman menilai diri sendiri, Anda lebih tepat masuk ketegori mana:

Apakah Anda seorang homo educandum (makhluk yang memerlukan pendidikan, terdidik, dan dididik), atau homo esthetica (manusia yang tahu akan keindahan), homo socius (makhluk sosial), homo sapiens (makhluk yang berpikir), atau homo homini lupus (makhluk yang menjadi serigala bagi sesamanya), atau homo religius (makhluk yang percaya akan kekuatan di luar kekuatanya), atau yang terakhir, seorang homo ludens (manusia yang merasa tidak punya arti kalau tidak punya pekerjaan).

Terakhir, apakah cara kita lebih baik atau tidak dibanding orang lain?

Ingat satu hal, cara paling licik memuji perilaku diri sendiri adalah dengan menceritakan kejelekan orang lain. Dan teringatlah pada apa yang pernah dikatakan Gus Mus (KH. Mustofa Bisri)—dari NU seperti teman-teman di kanan:

“Jika menilai perilaku orang, ingat satu hal: jangan merasa paling benar, karena hanya kebenaran Tuhan yang benar-benar benar.” (Maman Suherman)
Share:

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter