Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Kamis, 12 November 2015

Abwa’

“Bang, di manakah ibu Nabi Muhammad wafat?” tanya adik perempuan saya yang kelas 2 SD, semalam.

“Aduh, di mana ya?” tanya saya kepada diri sendiri karena bingung bin lupa. Sesaat kemudian saya jawab, “Ah, abang lupa, dik.”

Di tengah ketidakpuasan adik saya mendengar jawaban itu, tiba-tiba ayah yang sedang makan menghentikan kunyahannya dan menjawab, “Di Abwa’.” katanya singkat.

Saya berpikir sejenak mencerna jawaban itu. Ternyata benar: Abwa’!

“Oh, iya, itu benar, dik!” Tegas saya kemudian kepada adik saya itu. Lalu ia pun menuliskan nama tempat (kota) itu di buku PR-nya.

***

“Bagaimana bisa ayah yang sudah berusia 55 tahun masih ingat nama kota itu, sedangkan saya yang masih 20 tahun dan masih sangat muda sudah benar-benar (me)lupa(kannya)?” pikir saya dalam hati.

Tiba-tiba saya teringat nasihat itu. Imam As-Syafi’i pernah berkata, “Aku mengadu pada guruku tentang buruknya hafalanku, dia menasihatiku agar aku meninggalkan kemaksiatan. Dia pun berkata, ‘Ketahuilah, sesungguhnya ilmu itu karunia, dan karunia Allah tidak akan diberikan kepada orang yang bermaksiat.’”

Benar saja. Konon saat itu, hafalan Imam As-Syafi’i hilang hanya gara-gara tak sengaja melihat betis seorang wanita yang kainnya tersingkap oleh angin!

Sedangkan saya, apakah hafalan-hafalan saya yang hilang juga gara-gara TAK SENGAJA melihat betis wanita yang disingkapkan angin? Ah, rasanya tidak. Nyatanya lebih dari itu.

Rambut, betis, paha, bahkan aurat wanita lainnya yang seharusnya ditutupi, nyatanya pernah SENGAJA dilihat oleh mata ini. Segala hal yang notabene bukan menjadi hak saya, dengan mudahnya dapat disaksikan di alat komunikasi, televisi, dan kehidupan sehari-hari.

Lelaki bijaksana seharusnya akan langsung mengalihkan pandangannya terhadap segala hal yang bukan menjadi haknya. Lalu, apakah saya adalah ‘lelaki bijaksana’ itu? Pada kenyataanya tidak!

“Ketahuilah, sesungguhnya ilmu itu karunia, dan karunia Allah tidak akan diberikan kepada orang yang bermaksiat.” Begitu bunyi nasihat itu.

Astaghfirullah... :'(
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter