Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Rabu, 21 Oktober 2015

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 20 Oktober 2015 (Indonesia Masa Gini?)

Kang Maman Indonesia Masa Gini?

Fenomena kampus atau gelar ilegal, bangga dengan atribut palsu, memperlihatkan sebagian masyarakat kita masih mengidap penyakit feodalistik; mengagumi dan mengagungkan gelar dan atribut.

Manusia seperti itu tak mementingkan ilmu, skill, kompetensi, apalagi karakter personal. Ia hanya pentingkan gelar dan secarik kertas bernama ijazah. Manusia semacam ini kalau datang ke seminar, tak berharap ilmu, hanya kejar sertifikat. Begitu juga kalau kuliah; daftar, bayar, tapi tidak kuliah karena yang dicari bukan ilmu.

Mau gelar, tapi tak mau belajar. Itu seperti orang yang mencuri dengan cara membeli. Dan orang seperti ini sebaiknya diingatkan dengan filosofi Jawa, “Sopo sing kelangan bakal diparingi, sopo sing nyolong bakal kelangan (Siapa kehilangan bakal diberi, tetapi siapa yang mencuri gelar bakal kehilangan harga diri).”

Karenanya, panelis di sini bersepakat mengingatkan, “Hidup adalah belajar, bukan semata kejar gelar.” Karena ilmu bukan ilusi, bukan benda semu, cukup dengan menjamu langsung ketemu.

Pangkat dan atribut tak identik dengan harkat dan martabat. Jadi, jaga harkat dan martabat bukan dengan atribut, tapi dengan attitude (perilaku).

Jadilah pembelajar, bukan pembeli gelar! Karena pembeli gelar sungguh tak punya nalar, dan begitu kebongkar hidupnya akan kelar. Sama seperti pembakar hutan; siapa yang menabur asap, akan menuai azab!

Dan (semoga), badai pasti berlalu. (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter