Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Selasa, 15 September 2015

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 15 September 2015 (Lagu Cinta, Antara Benci tapi Suka)

Kang Maman Lagu Cinta, Antara Benci tapi Suka

Cinta adalah jawaban bagi kebutuhan manusia, untuk mengatasi keterpisahan dan meninggalkan “penjara kesepian”. Dan penyatuan dalam cinta melebihi suatu simbiosis, karena cinta yang dewasa adalah peyatuan di dalam kondisi di mana tetap memelihara integritas seseorang, individualitas seseorang.

Cinta menyatukan aku dan kamu menjadi kami, tanpa mematikan aku dan juga kamu. Dan di era kapitalisme, cinta pun mewujud menjadi barang dagangan, menjadi komoditas. Berjuta kisah cinta diumbar dalam lagu dan juga sinetron. Dan saking banyaknya berakibat kata dan makna cinta serta praktiknya dalam hubungan sosial mengalami degradasi.

Tetapi yang pasti, cinta tetaplah cinta. Karl Marx bahkan berkata, “Cinta hanya dapat ditukar dengan cinta.” Dan di tengah perdebatan tadi kita merasakan, cinta yang benar tidak pernah meminta; cinta senantiasa memberi. Dan di mana ada cinta, di situ ada kehidupan. Sebaliknya, di mana ada kebencian, di situ ada kemusnahan.

Dan cinta mengajarkan: Jangan sesekali mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jangan sesekali menyerah jika kamu merasa sanggup. Dan jangan sesekali mengatakan tidak mencintainya lagi bilamana kamu masih belum dapat melupakannya.

Bukan laut namanya jika air tidak berombak. Bukan cinta namanya jika perasaan tidak pernah terluka. Dan bukan kekasih namanya jika hatinya tidak pernah merindu serta cemburu.

Dan semua itu tadi tertuang dalam lirik-lirik cinta yang “kacangan” maupun yang dewasa. Itulah cinta. Tidak pernah berpikir benar atau salah, tertuang dalam lrik lagu “kacangan”, melankolis, mendayu, atau berkualitas. Karena cinta bisa tumbuh begitu saja dan di mana saja, seperti biji tetumbuhan yang diterbangkan perasaan, dan ditunaskan oleh hujan air mata, lalu berlabuh pada tempat dan hati yang diinginkan-Nya.

Dan terakhir, ada atau tidak cinta itu dalam lirik lagu, cinta yang diridhoi-Nya akan tumbuh menjadi ibadah, cinta yang tak diridhoi-Nya akan bertunas menjadi musibah. (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter