Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Senin, 13 Juli 2015

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 13 Juli 2015 (Di Balik Mudiknya Asisten Rumah Tangga)

Kang Maman Di Balik Mudiknya Asisten Rumah Tangga

Para ulama fiqih mengatakan bahwa hukum asal manusia itu merdeka, bukan budak atau hamba sahaya. Jadi, asisten rumah tangga sekalipun adalah manusia merdeka yang memberikan jasa tenaga dalam pekerjaan rumah tangga sehari-hari, yang mempunyai hak dan kewajiban yang harus dipenuhi seperti layaknya manusia merdeka lainnya. Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Mereka (asisten rumah tangga kita) adalah saudara-saudara kalian juga, yang Allah jadikan mereka berada di bawah tanggung jawab kalian. Maka barang siapa yang Allah jadikan mereka bertanggung jawab atas saudaranya, maka dia mesti memberi saudaranya itu makanan dan pakaian yang sama dengan yang ia kenakan, dan membantunya dalam mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang sulit.”

Jadi, asisten rumah tangga jangan seperti lirik lagu Burung Camar, “cuma kisah sedih nada duka, hati yang terluka.” Tapi jadikan ia sebagai saudara, teman berbagi derita, mungkin juga berbagi cerita. Karena sebagaimana kita, ia juga manusia.

Dan ingat, asisten rumah tangga cuma membantu, bukan pengganti. Tokoh utama mengurus, mendidik anak, dan rumah tangga tetap tuan rumah itu. Dan Nabi bersabda, “Apa yang kamu ringankan dari pekerjaan rumah tanggamu, bagimu pahala di neraca timbanganmu.” (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter