Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Selasa, 07 Juli 2015

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 7 Juli 2015 (Lika-liku Poligami)

Kang Maman Lika-liku Poligami

Menurut Syeikh Mustafa al-‘Adawi, poligami mempersyaratkan 4 hal:

Yang pertama, aman dari lalai beribadah kepada Allah. Seorang yang berpoligami harusnya bertambah ketakwaannya, dan rajin dalam beribadah. Kalau malah lalai beribadah, ia bukanlah orang yang pantas berpoligami.

Yang kedua, mampu menjaga para istrinya. Suami wajib menjaga istri-istrinya agar terjaga agama dan kehormatannya agar tidak terjerumus dalam keburukan dan kerusakan. Jika tidak mampu, ia tidak pantas berpoligami.

Yang ketiga, seorang yang berpoligami wajib cukupi kebutuhan nafkah istrinya. Bagaimana ia ingin berpoligami sementara nafkah untuk satu istri saja belum cukup? Orang semacam ini juga sangat berhak untuk dilarang berpoligami.

Dan yang keempat, yang paling utama, harus mampu berbuat adil. Nabi bersabda, “Siapa saja orang yang memiliki dua istri, lalu lebih condong kepada salah seorang di antaranya, pada hari kiamat kelak ia akan datang dalam keadaan sebagian tubuhnya miring.” Jadi jika tak mampu adil, Allah berfirman dalam An-Nisaa’: 3, “... kemudian jika kamu khawatir tidak mampu berbuat adil, maka nikahilah satu orang saja....”

Jadi, poligami itu boleh, tapi syaratnya tidak mudah. Poligami bukan jaminan kebahagiaan. Satu bahagia, dua lebih bahagia, bukan! Tapi poligami justru ujian tentang mampukah menegakkan keadilan, dan bagi perempuan yang mengaku rela dipoligami, adalah ujian untuk menegakkan keikhlasan.

Intinya, poligami itu ujian yang sungguh sangat tidak ringan, yang sungguh jauh dari pujian insan. Dan yang tak kalah penting, mari jadikan rumah tangga kita sebagai surga kita (baiti jannati) yang syarat adil ada di dalamnya. (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter