Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Rabu, 15 Juli 2015

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 14 Juli 2015 (Euforia Menjelang Hari Raya)

Kang Maman Euforia Menjelang Hari Raya

Idulfitri memiliki makna yang berkaitan erat dengan tujuan berpuasa, yaitu menjadi manusia yang bertakwa. ‘Id’ artinya ‘kembali’. ‘Fitri’ bisa berarti dua: bisa berarti ‘buka puasa untuk makan’, dan bisa berarti ‘suci’.

Jadi, Idulfitri adalah hari raya di mana umat Islam kembali berbuka atau makan, tidak lagi berpuasa, bahkan 1 Syawal haram berpuasa. Sekaligus fitri yang berarti suci, bersih dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, dan keburukan. Sebagaimana hadis Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadan dengan didasari iman dan semata-mata karena mengharap rida Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan barang siapa yang salat malam di bulan Ramadan dengan didasari iman dan semata-mata karena mengharap rida Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Dalam bahasa Jawa, Idulfitri dikenal dengan istilah ‘Lebaran’, yang mengandung makna: lebar, lebur, luber, dan labur. ‘Lebar’ artinya ‘lapang hati dan jalan’ karena telah terlepas dari kemaksiatan, lebur dari dosa, luber pahala, luber keberkahan, dan luber rahmat Allah. Dan ‘labur’ artinya ‘bersih’, sebab bagi orang yang benar-benar melaksanakan puasa, maka hati akan dilabur menjadi putih bersih tanpa dosa.

Makanya di banyak daerah di Jawa, rumah-rumah menjelang Lebaran dilabur (dicat putih ulang), yang mengandung arti pembersihan lahir, di samping pembersihan batin setelah kita melakukan puasa.

Dan diingatkan oleh Ust. Solmed [Soleh Mahmud] tadi, “Kalau kita berpakaian indah, jangan biarkan tetangga kiri dan kanan tidak ikut merasakan hal yang sama.” Bukankan berbuat baik untuk diri sendiri itu hanyalah kesenangan, tetapi berbuat baik untuk sesama itulah kebahagiaan?

Jadi, hiasi hari rayamu, hiasi kembali sucimu dengan berbagi, bersilaturahmi, bertasbih, bertahmid, dan bertakbir, bukan dengan berpamer. Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter