Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Selasa, 31 Maret 2015

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 31 Maret 2015 (Sekolahku Butuh Apa?)

Kang Maman Sekolahku Butuh Apa?

Menurut Indonesia Corruption Watch, ada 3 kementerian yang paling rawan korupsi: Kementerian Pendidikan, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Agama. Ini seharusnya jadi early warning system, bukan untuk membuat kita tersinggung, tapi justru alat untuk mengerem kita untuk membuktikan bahwa itu tidak benar.

Prinsip kebijakan publik—tadi disinggungsebenarnya sederhana: Masalah dan solusi harus nyambung. Tidak boleh jaka sembung atau nggak nyambung—kecuali di ILK, di mana masalah diatasi tanpa solusi.

Jadi, apa yang diminta dan dibutuhkan, kemudian disepakati, itulah yang harus diberikan. “Dan dengan prinsip transparansi,” kata Pak Jarwo tadi, “e-Budgeting itu akan bisa dilihat oleh seluruh rakyat di negeri ini.”

Kata kuncinya: Jika terjadi pengadaan barang yang sembarang dan cuma buang-buang uang, apalagi jika terbukti koruptif, maka pelakunya wajib dijebloskan dan dimasukkan ke dalam kerangkeng. Dan kepada siapa pun (pembuat dan penentu kebijakan): Jangan menggores arang di kening hanya karena pengadaan barang yang sembarang, yang bisa membuat rakyat berang bukan kepalang.

Ingat kata Cak Lontong dan Fitrop [Fitri Tropica], “Di sekolah, kita membina akhlak.” Jangan rusak dengan memberi contoh ulah bobrok, yang merusak watak dan akhlak! (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter