Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Senin, 30 Maret 2015

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 30 Maret 2015 (Pro Kontra 1 Triliun Parpol)

Kang Maman Pro Kontra 1 Triliun Parpol

Pendanaan Parpol dengan menggunakan anggaran negara bukan hal baru di muka bumi. Di Amerika Latin dan Eropa, terutama Jerman dan Skandinavia, itu sudah diterapkan. Masalahnya jika diterapkan di Indonesia, akankah itu menghentikan politik transaksional antara Parpol dengan pengusaha gelap, misalnya? Dan selama kita belum berani transparan, masih gelap-gelapan, maka penggelapan dana itu masih terbuka lebar. Itu yang pertama.

Yang kedua, yang tidak kalah pentingnya, selama Parpol dikelola seperti perusahaan pribadi, seperti milik keluarga, alangkah lucunya kalau negara ikut membiayai. Itu yang kedua.

Kemudian yang ketiga—satu lagi, selama aturan undang-undangnya belum dibenahi, jangan lagi misalnya ada wakil rakyat yang Pemilu dipilih oleh rakyat. Tapi kalau partai sudah tidak suka, lalu ada pergantian antar-waktu dan diganti oleh Parpol itu atau oleh pemilik Parpol itu, alangkah lucunya kalau orang-orang melihat pilihan rakyat yang sangat demokrasi fundamental diganti oleh pilihan pribadi.

Dan dalam hal yang terakhir tadi, Cak Lontong sudah memberikan kode. Dalam soal uang, kita mesti hati-hati. Karena, uang bisa membuat nurani terbUANG kalau kita tidak takwa. (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter