Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Selasa, 20 Januari 2015

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 20 Januari 2015 (Status Rahasia)

Kang Maman Status Rahasia

Ada 4 poin yang bisa diambil malam ini: Pertama, pernikahan itu mitsaqan ghaliza (perjanjian yang sangat kuat). Karenanya, saat dilaksanakan, perlu ada data yang akurat dan transparan, perlu ada wali dan saksi, dan perlu dipublikasikan agar tak muncul fitnah. A’linu nikahakum (umukanlah pernikahanmu), dan sebaiknya diwalimahkan. Aulim walau bisyaatin (dipestakan walau hanya dengan menyembelih seekor kambing).

Dan ingat, nikah itu sempurnakan agama. Annikahu nisfuddin (nikah itu setengah agama), dan setengahnya lagi disempurnakan dengan amalan-amalan lain. Jadi, mengapa perjanjian kuat yang bermakna setengah agama, yang ijab kabulnya getarkan arasy Allah mesti ditutupi?

Tetapi apakah boleh menutupi sesuatu? Jawabannya: boleh, asal wujudnya bisa disimbolkan seperti ini: Mengapa kita menutup mata kita ketika kita berdoa; ketika menangis; ketika mencium dan bermimpi? Jawabnya: Karena hal terindah dalam hidup bukan yang terlihat oleh mata, tapi yang terlihat dan terasakan oleh hati. Dan karenanya, menutupi sesuatu jangan sampai membuat hati kita justru ikut tertutup gelap, dan akhirnya tersesat.

Juga harus diingat, ini yang ketiga: Kalau kita tidak tahu mengapa orang menutupi sesuatu, kita jangan berpraduga buruk dan mengadili—seperti kondisi Cita Citata saat ini. Tetapi tetap harus netral, harus tetap berpikir bersih dan ikuti kata-kata almarhum Bob Sadino, “Setiap bertemu orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu.” Supaya kita tak mudah menilai dan bisa menyesatkan.

Yang terakhir, sekali lagi kembali ke hati karena hati adalah penuntun; cermin yang akan membiaskan baik jika baik, buruk jika buruk, dan tak pernah berbohong. Dan, cinta bukan aib, juga bukan iba. Cinta itu rahasia hati, baik bila diumumkan, tak elok bila diumbar-umbar. Dan kata Pak Jarwo, “Nikah itu baik dikabarkan, tidak baik untuk dikaburkan.” (Maman Suherman)

***

“Pernikahan harus dikabarkan, bukan dikaburkan. Janganlah kau menutupi pernikahanmu, tapi tutupilah kekurangan pasanganmu.” – Jarwo Kwat #JarwoQuote
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter