Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Selasa, 13 Januari 2015

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 13 Januari 2015 (Ada Harga Ada Kualitas?)

Kang Maman Ada Harga Ada Kualitas?

Pertama-tama, doa kami semua untuk seluruh korban Air Asia, semoga damai di sisi-Nya, dan semua keluarga yang ditinggal diberi kekuatan dan ketabahan [aamiin]. Juga, doa kami untuk keselamatan seluruh anggota Basarnas, dan tim pencari korban dan badan pesawat.

Rakyat tahu ada hukum supply [and] demand: Jika permintaan tinggi tapi persediaan barang rendah, harga pasti naik. Rakyat juga kerap mencium adanya “orang-orang jahat”, yang sengaja menimbun barang agar barang hilang di pasaran, lalu permainkan harga semaunya. Meraih keuntungan sebesar-besarnya tanpa peduli teriakan nurani rakyat, yang kantong dan perutnya sudah ngos-ngosan.

Tapi rakyat kebanyakan yang sudah pusing dengan penghasilan yang pas-pasan, tak lagi mau dipusingkan dengan hitung-hitungan—soal perbandingan pasokan dan permintaan. Bagi mereka simpel: Itu urusan negara dan penguasa; eksekutif juga legislatif, yang telah mereka pilih untuk mewakilinya, yang telah mereka gaji lewat pembayaran pajak yang mereka patuhi.

Bagi rakyat, yang utama ‘terjangkau dan aman’. Yang boleh menjulang tinggi hanya langit. Di bawah langit tidak boleh, dan semua harus terjangkau. Namun semua orang juga tahu, ada semacam “fatwa” yang tak bisa diabaikan, termasuk dalam soal harga, pelayanan, dan keselamatan konsumen dan rakyat. Pertama, aturan wajib ditegakkan. Pelaku pelanggaran peraturan, operator atau regulator harus disidangkan, dan keselamatan konsumen harus diutamakan—baik dalam soal transportasi, hingga soal produk makanan dan minuman.

Dan satu terakhir, ada becandaan dari Cipan [Cici Panda] tadi: Apakah karena nonton TV itu gratis, lalu kualitas pertanyaan presenter-nya seadanya? Pengisi acara dan acaranya juga semaunya? 'Kan? Semoga tidak.

Yang harus ditanamkan dan diyakinkan kepada rakyat, sebagaimana dicontohkan dalam obat generik: Mahal bukan jaminan, murah belum tentu murahan. (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter