Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Senin, 22 September 2014

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 22 September 2014 (Fenomena Ingin Lebih)

Kang Maman Fenomena Ingin Lebih

Tentu kita pernah melihat ular piton raksasa ratusan kilo beratnya, yang sungguh menakutkan, tapi gampang sekali ditangkap. Mengapa? Karena dia baru saja menelan secara berlebihan sapi, babi, atau hewan besar lainnya. Karenanya, manusia juga diingatkan:

Makan dan minumlah, tapi jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” Itu di Al-A’raaf ayat 31.

Karena, makan terlalu berlebihan akan berakibat perut akan menekan seluruh sistem pencernaan. Makanan akan terganggu, dan proses pencernaan akan terganggu. Makanan yang dicerna tidak sempurna akan membentuk sampah dan membusuk di dalam tubuh, [dan] puncaknya adalah melemahkan seluruh sistem.

Begitu juga dalam ambisi. Ambisi boleh, tapi jika berlebihan, tidak pernah terasa cukup, akan membuat sampah menumpuk dan membusuk menutupi mata hati. “Berbohong pun,” kata Cak Lontong, “menjadi hal biasa,” karena tak pernah puas, rakus, dan akhirnya berjiwa korup.

Rasul juga mengingatkan sekali lagi:

“Tuhan (bahkan) pernah menawarkan kepada saya untuk mengubah bukit di Mekah menjadi emas, tetapi aku menengadahkan tangan kepadaNya sambil berkata, ‘Ya Allah, saya lebih suka sehari kenyang, dan lapar pada hari berikutnya agar saya dapat mengingatMu apabila saya kenyang.’”

Jadi, kata kuncinya: cukup. Tidak kurang, juga tidak menuntut lebih adalah kekayaan yang sebenarnya. Dan selalu ingin berlebih, mudah membuat jiwa menjadi tersembelih. (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter