Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Jumat, 19 September 2014

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 19 September 2014 (Kebiasaan yang Membudaya)

Kang Maman Kebiasaan yang Membudaya

Ada 5 kesesatan berpikir yang terungkap dari pembicaraan malam ini:

Satu: Kita terbiasa sudah dikaruniai akal pikiran, tapi masih malas digunakan. Lalu melemparkan segalanya sebagai kehendak Tuhan, bukan mencari akar permasalahannya.

Yang kedua: Malas sekali menempuh proses. Suka jalan pintas walau itu dilakukan dengan cara-cara yang bersifat koruptif—seperti kata Cak Lontong dan Pak Jarwo.

Yang ketiga: Banyak tindakan dilakukan bukan atas dasar kesadaran diri, melainkan atas dasar apa kata orang dan paksaan kelompok. Ketika diminta berpikir sendiri dan membentuk pendapat pribadi, cenderung bingung, malah jadi kepo nggak jelas. Ada kecelakaan bukannya bantu, tapi rame-rame nonton karena kepo bersama.

Keempat: Sulit sekali patuh pada peraturan dan perjanjian. Lihat potret jalan raya kita.

Dan yang kelima: Segala dilakukan dengan setengah hati; bekerja tidak sungguh-sungguh.

Nah, mengetahui kesesatan berpikir adalah cara terbijak untuk meluruskannya. Mencintai negeri ini adalah dengan menjadi bagian dari orang-orang baik yang tidak ikut-ikutan memelihara dan membudayakan kesesatan berpikir itu.

Percaya saja, hanya dengan satu hal: disiplin—baik disiplin di jalan maupun disiplin anggaran—Indonesia pasti lebih siap bersaing, lebih siap maju, dan lebih baik. (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter