Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Rabu, 23 Juli 2014

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 23 Juli 2014/6 Juni 2014 (Libur Telah Tiba)

Kang Maman Libur Telah Tiba

Filsuf Jerman, Immanuel Kant, mengatakan, kehidupan sehari-hari seperti sekumpulan orang yang berlomba lari untuk menjadi yang tercepat. Menjadi yang terhebat dalam penguasaan ilmu, bekerja untuk meraih kuasa setinggi-tingginya dan kekayaan sebanyak-banyaknya, lalu melahap semuanya dengan rakus, termasuk membelanjakannya, membeli simbol kesuksesan, tak peduli orang di sekeliling iri atau dengki.

Jika tak ada jeda, bisa membuat seseorang terserabut dari akar kemanusiaannya, dan jadi tak bermakna di mata orang lain karena hanya menjadi budak nafsu serakahnya.

Karena itu libur dibutuhkan, sebagaimana makna leisure (pelesir menurut orang Indonesia) yang artinya meluangkan diri; rileks agar jiwa bebas dan bisa menikmati waktu.

Teringat kalimat Bruce Lee, legendaris kunfgu, “Kosongkan cangkirmu agar dia bisa diisi lagi. Dengan kembali menjadi ruang kosong, kita akan mencapai kesempurnaan.”

Kehidupan keseharian yang terus memacu dan memicu otak dan jantung memang ibarat orang yang gelasnya terus diisi hingga meluber dan airnya ke mana-mana. Dan kondisi seperti itu, akan membuat seseorang menjadi tidak peduli kepada orang lain dan hanya melihat ego dirinya sendiri; sehingga tak lagi mau menikmati kebijakan dan kebajikan dari sekelilingnya.

Libur mengajak kita untuk membebaskan jiwa, mengosongkan cangkir kehidupan. Dengan cangkir kosong di tangan, kita akan kembali menjadi rendah hati. Dan, rendah hati adalah awal pembelajaran.

Seperti lirik lagu Hard To Say I’m Sorry dari Chicago [yang intinya mengatakan], bahkan dua orang yang saling mencinta perlu “berlibur” untuk mengambil jarak satu sama lain agar cinta tak menjadi rutinitas belaka, sekadar menjalankan kewajiban tanpa makna.”

Sekali lagi, selamat berlibur ....

Di dalam ‘holiday´ada kata ‘holy’. Berhentilah sejenak dari rutinitas hidup agar bisa kembali ke kesucian jiwa! (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter