Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Minggu, 20 November 2016

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 20 November 2016 (Salah Siapa?)

Kang Maman – Salah Siapa?

Soal kejujuran dalam memberikan penilaian, mengingatkan saya pada apa yang dikatakan Aristoteles, “Orang yang ‘bertindak jujur’ dan orang yang ‘jujur’ adalah dua hal berbeda. Orang yang bertindak jujur bisa di tempat lain akan bertindak tidak jujur. Kejujuran hanya merupakan tindakan yang biasa berubah sewaktu-waktu. Tapi, orang yang jujur akan selalu bertindak jujur apa pun yang terjadi.” Inilah orang yang berkeutamaan, kata Aristoteles, yang diperoleh sebagai hasil dari proses pendidikan dan pembiasan hidup.

Tinggal pilih: Mau semata ‘bertindak jujur’, atau menjadi ‘orang jujur’?

Kata Cak Lontong:
Orang jujur tidak akan salah memilih jalan mencapai tujuan. [segmen 2]

***

Anak adalah peniru ulung—Kang Denny tadi tegas mengingatkan. Segala yang dilakukannya adalah hasil meniru perilaku orang-orang terdekat. Memukul anak dengan benda atau tangan mungkin didasari pikiran untuk mendisipiplinkan anak. Namun yang terjadi secara psikologis, anak akan berubah di mana ia berpikir bahwa kekerasan fisik sah dilakukan untuk menyelesaikan masalah.

Jadi, kesalahan anak memang bukan untuk ditoleransi, tapi yang lebih utama, mengajak diri kita sebagai orang tua untuk berintrospeksi.

Rumah yang hanya dipenuhi sampah, hanya akan melahirkan sampah. [segmen 4]

***

“Salah Siapa?” Itu tema kita malam ini.

Semua orang pernah salah. Bahkan dalam cinta sekali pun, tak jarang kita menemukan orang yang salah sebelum akhirnya mendapatkan orang yang tepat.

Karenanya, jangan lantas memaki kesalahan, karena kerap kesalahan justru mendewasakan. Asal, kata teman-teman tadi di segmen kedua, kita mau menggunakan anugerah tertinggi yang diberikan Ilahi, yang membedakan manusia dari hewan, yaitu: akal.

Kalau akal tak digunakan, itu seperti membaca kata ‘akal’ dari belakang, membuat manusia mudah celaka.

Dan terakhir, tegas Cak Lontong:
Lebih baik ditampar kejujuran daripada dikecup kebohongan. (Maman Suherman)
Share:

1 komentar:

  1. saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m

    BalasHapus

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter