Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Minggu, 11 September 2016

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 11 September 2016 (Fenomena Dunia)

Kang Maman – Fenomena Dunia

Sekitar [tahun] 600 SM, Pythagoras mengatakan bumi itu bulat. Kala itu pendapatnya terdengar konyol, tapi menjadi langkah pertama yang membuat manusia lebih memahami bumi.

Pendapat ini kemudian terus dipahami berabad-abad lamanya. Sampai pada tahun 1800-an, Samuel Rowbotham mengembalikan pendapat lama; pendapat sejumlah filsuf pra-Socrates bahwa bumi itu sebenarnya datar. Dan hebatnya, diterima oleh sejumlah orang hingga muncullah Flat Earth Society di internet (semacam perkumpulan orang-orang yang percaya bahwa bumi itu datar). Sejumlah klaim mereka ungkapkan tentang “fakta” bahwa bumi itu datar dan selama ini manusia telah dibohongi.

Apakah bumi bulat (bundar) seperti bola dunia (globe) yang kita lihat selama ini di ruang-ruang belajar? Atau datar seperti yang diklaim oleh Flat Earth Society? Atau bulat pipih seperti yang diyakini sejumlah orang lainnya?

Kita tetap harus mengingat dan meyakini, karena juga sudah merasakannya sendiri setiap hari. Seperti tadi disinggung oleh Ratu Anandita dan tertuang dalam Al-Qur’an, misalnya, kalau kita buka ayat surah 39 ayat 5:

Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan ....” Jadi, seperti berputar.

Dan ada tugas yang tak kalah penting yang harus kita laksanakan sebagai khalifah di atas bumi—apa pun bentuk bumi itu, yakni: pertama, memakmurkan bumi. Dan [kedua,] memelihara bumi dari upaya perusakan-perusakan (al-imarah dan ar-riayah).

Jadi, mau bundar, bulat pipih, elipsoid seperti telur, atau datar, atau bulat tapi terasa datar, nggak harus bertengkar sampai babak belur. Biarlah ilmuwan dan sains terus-menerus berupaya menguak kebenaran-Nya yang benar-benar benar, dan kita jangan bikin bumi menggelepar kotor.

Tapi, apa pun bentuknya, seperti kata Ronal:
“Puncak peradaban manusia adalah membuat bumi tetap subur dan makin makmur.” (Maman Suherman)
Share:

2 komentar:

  1. Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan capsa Susun Nomor Satu di Indonesia AGENPOKER(COM)
    Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    BalasHapus
  2. saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m

    BalasHapus

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter