Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Senin, 29 Februari 2016

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 29 Februari 2016 (Ada Apa dengan Reuni?)

Kang Maman Ada Apa dengan Reuni?

Kata orang, kalau mau CLBK, ubahlah kata ‘mantan’ menjadi ‘alumni’ agar bisa melakukan reuni.

Reuni adalah ajang mengurai dan menguras genangan kenangan lama, kenangan akan segala kebaikan dan keindahan yang terselip di lembar buku memori kita tentang segala hal. Tragedi sekalipun seiring waktu akan menjadi kenangan yang membangkitkan tawa. Bukankah humor adalah tragedy plus time, kata Mark Twain?

Menurut beberapa penelitian di Amerika Serikat, reuni punya sisi positif; ajang bersosialisasi guna merekatkan kembali tali persahabatan. Dan seseorang yang banyak dikelilingi oleh teman dan saudara, kemungkinan meninggalnya lebih cepat berkurang 50% dibanding yang tidak memiliki kehidupan sosial.

Pertemanan dapat membantu memperpanjang umur rata-rata 3,7 tahun lebih lama. Karena dukungan emosi pertemanan dapat membantu mengurangi beban masalah yang bisa memicu stres dan depresi berat penyebab kematian. Ini sekaligus pembuktian ilmiah ajaran agama bahwa silaturahmi itu memperpanjang usia.

Tetapi juga ada sisi negatifnya, karena kerap reuni dijadikan ajang hura-hura, pamer harta, takhta, dan kuasa yang melukai perasaan teman yang kurang berhasil. Atau sebaliknya, menjadi ajang pemalakan bagi mereka yang dianggap sukses di angkatannya, termasuk untuk membiayai reuni tersebut.

Jadi, intinya:
Salah memaknai, reuni bisa menjadi ajang menyakiti dan melukai. Tepat memaknainya, reuni bisa menjadi ajang silaturahmi yang menyenangkan dan menyehatkan hati. (Maman Suherman)
Share:

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter