Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Rabu, 04 Februari 2015

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 4 Februari 2015 (Ujian Nasional Dihapuskan??)

Kang Maman Ujian Nasional Dihapuskan?

Ujian Nasional tetap ada, tapi bukan sebagai penentu kelulusan. Ujian Nasional itu berfungsi 3 saat ini: Pemetaan pendidikan nasional; diagnosis kemampuan siswa; dan yang ketiga, dasar penerimaan anak untuk tingkatan berikutnya.

Kita coba bedah apa yang diucapkan teman-teman tadi. Pendidikan yang utama itu adalah di rumah, dengan orang tua sebagai role model. Dan pendidikan pelengkapnya adalah di sekolah, dengan guru sebagai role model.

Belajar itu untuk paham supaya kita punya bekal belajar untuk di tingkat yang lebih tinggi. Bukan untuk sekadar lulus UN, melainkan seperti kata Ryn, “Bekal untuk lulus ujian kehidupan lainnya,” ujian kehidupan yang selanjutnya.

Ada satu kalimat yang menarik dari Allan Bloom, dia mengatakan, “Education is movement from darkness to light.” Ini sejalan dengan arti guru dalam bahasa Sanskerta, yaitu: Seseorang yang membawa kita dari kegelapan menuju terang.

Jadi kalau karena UN membuat siswa merasa cemas, merasa takut, apalagi kemudian secara sporadis melakukan curang bersama dengan mencari jawaban, membeli jawaban soal, lalu di mana cahaya terang itu?

Jadi, kembali lagi ke satu titik bahwa pendidikan tujuannya satu: Dari tidak paham menjadi paham; membawa orang dari kegelapan, bukan menuju ke gulita, tapi ke cahaya yang terang benderang. (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter