Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Jumat, 27 Februari 2015

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 27 Februari 2015 (Uangmu Uangku)

Kang Maman Uangmu Uangku

Kesannya ringan temanya, tapi ternyata poinnya tidak ringan. Ada 2 poin, ini untuk suami. Yang pertama (buat suami), sabda Rasul, “Jika seorang muslim mengeluarkan nafkah untuk keluarganya, sedang dia mengharap pahalanya, maka nafkah itu adalah sedekah baginya.” Itu hadis yang pertama tadi saya tangkap.

Hadis yang kedua, Rasul juga bersabda, “Laki-laki mukmin yang paling sempurna adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-baiknya kalian (lelaki), adalah yang paling baik terhadap istrinya.” (H.R. Tirmidzi). Jadi, jangan hitung-hitungan kalau memberi sesuatu kepada istri dan anak karena itu tidak pernah sia-sia di mata Tuhan.

Dan tidak cuma dalam soal memberi biaya hidup. Karena kalau kita mengaku mau meneladani Rasul, Aisyah pernah ditanya, “Apa yang dilakukan Rasul ketika di rumah?” Dengan tenang Aisyah menjawab, “Beliau membantu pekerjaan istrinya.” Jadi, beliau tidak pernah sungkan-sungkan untuk melaksanakan pekerjaan istrinya.

Jadi, laki-laki yang baik adalah yang menafkahi istri, ringan tangan membantu istri, dan yang paling sempurna adalah yang paling baik akhlaknya, dan yang paling sempurna dan sebaik-baiknya adalah yang paling baik terhadap istrinya. Itu poinnya. Dan jadinya, suami harus ingat: Kalau pulang bawalah hasil, bukan bawa alasan, apalagi bawa masalah. Itu poin pertama.

Yang kedua, buat istri, gaji—besar atau kecil—yang diupayakan suami dengan sepenuh daya upayanya jika diumbar-umbar untuk gaya hidup akan bikin bahaya, tapi jika dikelola, diterima dengan senyum, dilaksanakan dengan penuh syukur, akan bikin hidup tenang. Persis kata Fitrop [Fitri Tropica], “Gaji yang datangnya bulanan, gunakan sebaik mungkin dengan senang agar rumah tangga tidak jadi bulan-bulanan.” Kata kunci terakhir: Saling percaya. (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter