Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Senin, 01 Desember 2014

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 1 Desember 2014 (Mak Comblang Penyalur Kasih Sayang)

Kang Maman Mak Comblang Penyalur Kasih Sayang

Menikah itu ibadah. Dan mengawinkan orang-orang yang sendirian di antara kamu, adalah sesuatu yang baik karena melempangkan jalan orang untuk beribadah. Jadi, sekali lagi, mak comblang itu baik, dan juga ada dalam beberapa kebudayaan kita—termasuk dalam kebudayaan Betawi, misalnya, yang dijalankan oleh ‘encang’ dan ‘encing’ dari si pemuda yang sedang mencari jodoh, yang betugas ngedelengin atau memperkenalkan pemuda dan pemudi yang saling taksir, dan bertugas menggantungkan sepasang ikan bandeng di depan rumah seorang gadis bila si gadis itu ada yang naksir.

Asalkan, seperti disinggung Bianca, “Mencomblang itu harus sesuai syariat, bukan dengan tujuan memperjualbelikan cinta.” Karena pada hakikatnya cinta itu indah; karunia Sang Maha Indah; paduan ketulusan dan keihklasan yang diharapkan bermuara dalam sebuah ikrar suci.

Dan, seperti diingatkan Fitri Tropica tadi, “Mak comblang yang terbaik adalah Sang Maha Pengatur.” Jika jodohmu tidak juga datang-datang; jika jodohmu belum juga mendekat, bertanyalah ke hatimu: Apakah kamu sudah dekat dengan Sang Maha Pengatur, lewat doa-doa yang kau panjatkan kepada-Nya?

Tetapi jika jodohmu sudah dipertemukan-Nya, pernikahan bukanlah akhir, justru adalah awal. Dan juga jangan lupa: Jika berdua tanpa keikhlasan; jika berdua cuma membuat luka, maka sendiri bertabur cinta dari keluarga dan sahabat, adalah pilihan yang tak kalah indahnya. (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter