Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Jumat, 31 Oktober 2014

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 31 Oktober 2014 (Nama-Nama Unik)

Kang Maman Nama-Nama Unik

Orang-orang kerap mengutip kalimat Shakespeare, “Apalah arti sebuah nama?” Sayangnya, orang tidak menuntaskan kalimat selanjutnya. Karena utuhnya adalah, “Apalah arti sebuah nama andai kata kamu memberikan nama lain untuk mawar, ia tetap akan memberi semerbak wangi?”

Jadi sebenarnya, Shakespeare pun tidak pernah merendahkan arti sebuah nama, justru mengajak kita untuk merenungkan esensi atau hakikat dari sebuah materi. Dan, teman-teman di sini pun meyakinitadi juga dikatakan oleh Mas Jarwo, “Nama tak sekadar identitas, tapi sekaligus doa dan pengharapan.”

Karenanya, Nabi menganjurkan dan memerintahkan umatnya supaya memberikan nama anaknya dengan nama-nama yang baik dan mulia. “Sesungguhnya,” sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, “kalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama kalian, dan nama bapak-bapak kalian. Maka, baguskanlah nama-nama kalian.”

Jadi ketika nama adalah doa, berikanlah nama kepada anak keturunan kita dengan nama-nama yang indah, juga panggillah saudara-saudara kita dengan nama terbaiknya, bukan sebaliknya: dengan panggilan yang menghina, atau mengejek kekurangan fisik, misalnya.

Dan, jangan pupuskan harapan atau doa atas penghargaan yang tersirat di balik nama. Karena di dalam namamu, ada orang tuamu, ada doanya. Dan di dalam nama temanmu, ada doa dan pengharapan orang tuanya.

Jadi, saling memanggillah dengan nama yang terbaik, dan saling memanggillah dalam kebaikan! (Maman Suherman)
Share:

1 komentar:

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter