Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Senin, 23 Juni 2014

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 23 Juni 2014 (Seragam)

Kang Maman Seragam

Seragam memiliki sejumlah keuntungan dan keunggulan. Pertama, menciptakan kebersamaan dalam mewujudkan dan menjaga citra diri perusahaan. Yang kedua, penyetaraan kedudukan setiap karyawan di mata perusahaan; dengan seragam, tak ada alasan bagi seorang karyawan menonjolkan eksistensi dirinya di mata pegawai lain lewat pemakaian busana yang berlebihan. Yang ketiga, khusus bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan stok pakaian, memakai seragam kantor memberikan kemudahan untuk tidak memikirkan baju apa yang harus dipakai besok dan besoknya lagi; jadi, ada unsur menghemat dana. Dan yang keempat, indahnya kebersamaan bukan sekadar isapan jempol. Dengan berseragam sama, rasa persaudaraan akan tercipta hingga semangat dan loyalitas kerja tumbuh dengan sendirinya.

Tapi, seragam juga harus diwaspadai karena seragam, seperti tadi Akbar mengatakan, bisa membuat orang lebih pede [percaya diri], tapi juga bisa sebaliknya. Bisa membuat orang merasa bangga dengan statusnya, tapi juga bisa sebaliknya: merasa rendah diri. Yang kelima, seragam bisa memicu kepercayaan semu, semacam illusion of confidence, maupun rasa superioritas yang tidak realistis, narsistik, dan hipomanik gangguan bipolar yang bisa membuat orang arogan, mendiskriminasikan orang lain yang tidak sama bajunya dengannya tanpa alasan yang jelas, merasa paling sah berbuat sesuatu yang mengganggu orang banyak, misalnya: berseragam dan bergerombol bisa membuat mereka semaunya menutup jalan umum, menyepelekan pihak lain, minta diutamakan, dan cuek saja jika melakukan pelanggaran atau bahkan kejahatan.

Konklusinya, seragam adalah sebuah keniscayaan, ada di mana-mana, bahkan di berbagai belahan dunia dan sudah ada sejak lama. Seragam sekolah sudah ada sejak tahun 1665. Tetapi, seragam jangan pernah dijadikan badai penghempas keberagaman kita.

Jadi, sekali lagi, keseragaman tidak boleh mematikan keberagaman; keberbagaian; dan keanekaragaman. Karena dengan kekuatan keberbagaian itulah kita sekarang menjadi satu, yang di dalam darah dan tulang kita mengalir cairan yang sama: merah-putih. Sebagaimana baju kami: ‘UNITY IN DIVERSITY’, dan hanya satu: INDONESIA! (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter