Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Sabtu, 21 Januari 2017

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 21 Januari 2017 (Di Balik Debat Pilkada DKI)

Kang Maman – Di Balik Debat Pilkada DKI

Pertanyaan Kang Denny justru menarik, “Kenapa yang menonjol malah Ira Koesno?”

Ini seperti mengirimkan sinyal. Debat, seperti umumnya dialog, kerap berakhir dengan dua-log atau tiga-log: saya dan lawan bicara saya seperti dua atau tiga pesawat [televisi] yang disetel berhadap-hadapan. Mereka tak mencoba mengerti saya dan saya tak mencoba mengerti mereka. Begitulah debat kerap terjadi.

Dan jika kalian yang menontonnya tak mendapatkan manfaatnya, setidaknya syukuri. Karena kalian telah mendapatkan hiburan dari tiga tayangan TV dalam satu frame yang dinyalakan bersamaan.

Tapi satu yang mesti kita ingat—tadi disinggung Hengky Kurniawan di awal:
Kita boleh kehilangan apa saja, termasuk dalam debat dan menonton debat. Asal jangan kehilangan iman, persahabatan, harapan, dan impian. [segmen 2]

***

Tentang cantik, tadi ada pesan yang menarik:
Dunia tidak akan berakhir hanya karena kamu disebut tidak cantik. Tetapi duniamu akan benar-benar berakhir jika kamu sibuk mencela dirimu sendiri.

Soal gusur menggusur dan penertiban kawasan, seperti yang jelas dikatakan oleh Ronal tadi:
RTRW (rencana tata ruang dan tata wilayah) tidak boleh inkosisten dan harus patuh pada undang-undang, bukan uang-uang.

Dan betul kata tiga pasangan calon tadi jika kita satukan:
Jakarta rohnya bukan benda, tapi manusia. Dan roh tidak boleh sakit, harus sehat. Jadi, bukan menghilangkan orangnya, tetapi “menyembuhkan” sakitnya. [segmen 3]

***

Pilkada DKI, bisa berbeda aspirasi, boleh berbeda pilihan. Yang penting tidak larut dalam saling nista dan benci. Hidup ini terlalu berharga untuk dibelenggu oleh persoalan pilkada semata.

Teman-teman tadi secara tersirat mengingatkan:
Kebahagiaan itu terletak pada kemengangan memerangi hawa nafsu dan menahan kehendak yang berlebih-lebihan—termasuk kehendak nyinyir dan nyindir yang berlebihan dan kebablasan. Kuncinya seperti kata Ronal: elegan.

Dan, buat para relawan:
Jadilah orang yang suka rela, bukan yang sukar-rela. (Maman Suherman)
Share:

1 komentar:

  1. saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m

    BalasHapus

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter