Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Senin, 30 Juni 2014

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 30 Juni 2014 (Banyak Anak Banyak Rezeki)

Kang Maman Banyak Anak Banyak Rezeki

Ibu yang melahirkan terbanyak di dunia itu seorang petani di Rusia, Mrs. Yakov Kirillov. Dia melahirkan 57 anak dalam 21 persalinan; 4 pasang anak kembar empat, 1 kali melahirkan anak kembar tiga, dan 10 kali melahirkan anak kembar dua, sisanya satu-satu. Jadi, jumlahnya 57.

Di Indonesia, seorang Sumarni dari Sragen, melahirkan 26 anak. 17 hidup, 1 meninggal, dan 8 keguguran, sehingga disebut sebagai ‘perempuan terkuat di MURI [Museum Rekor Indonesia].

Jadi, punya banyak anak, bahkan dalam satu kali pernikahan saja sebuah keniscayaan. Tapi apakah lantas berarti banyak anak banyak rezeki?

Seorang peneliti mengatakan, hasil penelitiannya menyimpulkan, “Di negara maju, kekayaan mengalir dari orang tua ke anak. Sebaliknya, di negara berkembang, kekayaan itu mengalir dari anak ke orang tua.” Inilah yang kemungkinan menjadi penyebab di sejumlah negara berkembang lahir prinsip, “Banyak anak banyak rezeki” (buat orang tuanya), belum pasti buat anaknya.

Jadi, adalah hak setiap pasangan untuk tentukan punya anak berapa. Sekali lagi, itu hak. Tapi harus diingat, di dalam hak ada tanggung jawab. Anak ibarat sebuah benih tanaman yang akan tumbuh dengan baik atau sebaliknya; bergantung  pada kebun tempat menanamnya dan bagaimana pemilik memelihara dan merawatnya. Dan makin banyak benih yang ditanam, semestinya makin banyak lahan yang dibutuhkan oleh pemeliharanya.

Konklusinya, pilihan di tangan pasangan masing-masing dengan segala tanggung jawab yang menyertainya. Dan yang kedua, harus diingat apa yang dikatakan Cici Panda dan tadi juga Mas Jarwo dan beberapa yang lainnya, “Banyak anak banyak rezeki,” tapi belum titik, masih koma karena lengkapnya: Banyak anak, banyak rezeki yang wajib dicari oleh orang tuanya.

Banyak anak, banyak rezeki yang wajib dicari oleh orang tuanya untuk membesarkan dan mendidik anak agar kelak menjadi makhluk yang cerdas dan berbudi luhur.

Anak adalah buah cinta, jangan sampai berujung menjadi buah derita dan petaka. (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter