Temukan saya: @irwanzah_27 di Twitter & @isl27 di Instagram

Rabu, 25 Juni 2014

NoTulen ILK (Indonesia Lawak Klub) 25 Juni 2014 (Partai Oposisi)

Kang Maman Partai Oposisi

Kekuasaan cenderung korup, dan kekuasaan absolut pasti korup. Karena, kekuasaan cenderung tak mampu mengawasi dirinya sendiri, cenderung memperluas, menyelewengkan dan berusaha membuat abadi kekuasaannya. Di sinilah dibutuhkan kelompok politik terorganisasi yang memberikan pandangan berbeda dengan pemerintah yang dikenal dengan sebutan ‘oposisi’.

Oposisi dibutuhkan untuk mengawasi kekuasaan, juga diperlukan karena apa yang baik dan benar dalam politik harus diperjuangkan melalui kontes politik dan diuji dalam wacana politik yang terbuka dan (bersifat) publik.

Menurut seorang sosiolog, Ignas Kleden, oposisi dibutuhkan sebagai semacam advocatus diaboli atau devil’s advocate yang memainkan peranan setan yang menyelamatkan kita, justru dengan mengganggu kita terus menerus. Dalam peran tersebut, oposisi berkewajiban mengemukakan titik-titik lemah dari satu kebijaksanaan, sehingga apabila kebijaksanaan itu diterapkan, segala hal yang dapat merupakan efek sampingan yang merugikan sudah lebih dahulu bisa ditekan sampai minimal.

Jadi, jangan pernah melihat oposisi sebagai semata-mata setan, semata-mata devil, dan tidak pernah diakui sebagai advocate [pembela].

Manfaat lainnya adalah bahwa dengan kehadiran oposisi, masalah akuntabilitas atau pertanggungjawaban akan lebih diperhatikan oleh pemerintah.

Konklusinya, oposisi dibutuhkan, tapi oposisi jangan asal beda dan asal hujat. Musuh yang pintar akan lebih menolong daripada teman yang otaknya kosong; dan lawan yang jujur, tulus dan ikhlas, lebih bermanfaat dari kawan yang culas. Dan di posisi mana pun kelak, di posisi oposisi atau di posisi penguasa, kita harus ingat, di dalam ‘INDONESIA’, ada 3 huruf yang berdampingan: O-N-E. ONE (satu)!

Jadi, tujuan kita beroposisi atau berkuasa hanya satu dan hanya boleh satu selamanya: hanya untuk INDONESIA SATU! (Maman Suherman)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

99 Mutiara Hijabers

99 Mutiara Hijabers
Klik gambar untuk membeli

Bandung Konveksi Kaos

Bandung Konveksi Kaos
konveksi kaos murah
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Twitter